MENCIPTAKAN KONTEN KREATIF DAN MEMPERLUAS JANGKAUAN BISNIS MELALUI BLOG

(326 peserta)
Diterbitkan pada: Creative Industry
Rp 350.000,00

Profil Fasilitator

Nurulloh

Sejak tahun 2009 bergabung dalam Group of Digital Kompas Gramedia dan berperan dalam mengelola blog platform Kompasiana serta menjadi bagian dari tim redaksi Kompasiana. Nurulloh aktif mengembangkan komunitas di berbagai daerah untuk memberikan pelatihan seputar content creation. Tidak hanya itu, Nurulloh juga aktif memberikan pelatihan seputar citizen journalism di berbagai universitas, instansi, dan komunitas (netizen). Saat ini Nurulloh berperan sebagai Chief Operating Officer (COO) di Kompasiana. Sebagai Chief Operating Officer, Nurulloh bertanggung jawab dalam berbagai hal operasional Kompasiana, mulai dari konten, komunitas, hingga pengembangan bisnis.

Deskripsi Kursus

Kita semua tentu menyadari bahwa saat ini peluang untuk berekspresi dan berkarya di internet, khususnya di berbagai media online sudah semakin luas. Berkarya di berbagai media online tentunya memiliki potensi yang baik untuk menciptakan sumber penghasilan. Melalui kursus ini, kita akan belajar bagaimana media online, seperti blog dapat memberikan kita sumber penghasilan dengan cara menciptakan berbagai konten kreatif. Tidak hanya itu, kursus ini juga akan memaparkan bagaimana seluruh konten kreatif yang kita buat dapat memperluas jangkauan bisnis yang kita jalani.

 

Metode Belajar

Kursus ini dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran mandiri (self learning) dengan menyaksikan video, membaca bahan bacaan, dan mengerjakan kuis, dengan durasi waktu:

 

Pembelajaran mandiri (self learning), pembelajaran mandiri dengan menyaksikan video dan mengerjakan kuis dengan estimasi durasi waktu:

Video: 4 Jam, 43 menit

Bahan bacaan: 2 Jam, 36 menit

Kuis: 60 menit

 

Apa yang diperoleh setelah mengikuti kursus ini:

Setelah mempelajari kursus ini, Anda akan memahami apa itu blog serta berkenalan dengan berbagai macam blog, mempelajari bagaimana membuat blog dengan proses yang baik, bagaimana caranya membangun pola pikir blogger yang sukses diikuti dengan cara mengatasi berbagai masalah terkait proses membuat konten blog, mampu menyusun strategi pembuatan konten serta strategi memasarkannya, mengetahui bagaimana memonetisasi blog, memanfaatkan blog sebagai media personal branding, dan membangun jejaring dan karir sebagai penulis.

 

Siapa saja yang perlu mengikuti kursus ini:

  • Materi ini diperuntukkan bagi setiap orang yang ingin memulai karirnya sebagai seorang blogger atau content creator, lalu seseorang yang ingin berkarir di perusahaan atau industri kreatif
  • Seseorang yang ingin berkarir sebagai penulis.
  • Seseorang yang ingin mengembangkan bisnisnya melalui berbagai macam konten kreatif.
  • Materi di dalam kursus ini dirancang bagi mereka yang menyukai metode pembelajaran yang mudah dipahami, efektif, relevan, serta aplikatif dengan kehidupan sehari-hari.

Topik

Durasi Belajar 04:43:36

Pengantar: Menciptakan Konten Kreatif dan Memperluas Jangkauan Bisnis melalui Blog

00:06:09

Singkat Cerita Tentang Perkembangan Media - Cerita Sukses Blogger

00:06:44

Mengenal Blogging

00:07:20

Pembuatan Blog Bagian 01: Menentukan Tujuan dan Platform Blog

00:06:40

Pembuatan Blog Bagian02: Menentukan Jenis Konten

00:03:03

Memulai Blogging Bagian 01: Identifikasi Audiens dan Menentukan Topik atau Tema Konten Blog

00:07:58

Memulai Blogging Bagian 02: Menentukan Kemasan dan Isi Konten Blog

00:03:27

Mengenal Motivasi Blogging

00:03:31

Membangun Mental dan Semangat Blogging

00:09:31

Kendala Bagi Penulis Pemula dan Cara Mengatasinya Bagian 01

00:09:04

Kendala Bagi Penulis Pemula dan Cara Mengatasinya Bagaian 02

00:06:08

Langkah Menentukan Strategi Konten Bagian 1: Menemukan Kebaruan (Novelty)

00:06:36

Langkah Menentukan Strategi Konten Bagian 2: Publikasi dan Distribusi Konten

00:09:03

Langkah Menentukan Segmentasi Konten Bagian 01: Mengenali Audiens dan Menganalisis Kompetitor

00:07:02

Langkah Menentukan Segmentasi Konten 02: Menjadi Solusi dan Mengetahui Tren

00:06:53

Hal yang Perlu Dihindari Dalam Membuat Konten

00:05:23

Melatih dan Mempertajam Intuisi Bagi Penulis

00:05:28

Citizen Journalism Bagian 1

00:07:33

Citizen Journalism Bagian 2

00:03:47

Langkah Penulisan Kreatif Bagian 1: Menemukan Ide

00:06:01

Langkah penulisan kreatif Bagian 2: Elemen Menulis Kreatif

00:06:07

Hal yang Perlu Dihindari dalam Penulisan Kreatif

00:03:38

Langkah Penulisan Konten Pemasaran Bagian 1: Menetapkan Tujuan

00:05:26

Langkah Penulisan Konten Pemasaran Bagian 2: Memahami Kebiasaan Target Pasar dan Tren

00:05:38

Mempromosikan Blog

00:08:22

Mengetahui Alat Pengukur Performa Konten

00:05:24

Mengenal Search Engine Optimization (SEO)

00:06:34

Cara Kerja Search Engine Optimization (SEO)

00:03:04

Mengenal Tren Pencarian

00:04:22

Membuat Konten SEO Friendly

00:06:44

Mengenal Search Engine Marketing (SEM)

00:04:51

Cara Kerja Search Engine Marketing (SEM)

00:03:16

Membuat Blog yang Menghasilkan Nilai Ekonomi

00:03:33

Langkah Memonetisasi Blog Bagian 1: Pilihan Memonetisasi Blog dan Pengelolaan Konten

00:08:01

Langkah Memonetisasi Blog Bagian 2: Interaktivitas dan Pengelolaan Audiens

00:04:56

Persiapan Mengikuti Program Afiliasi

00:08:49

Memanfaatkan Blog Sebagai Media Personal Branding

00:05:05

Berjejaring dan Berkomunitas

00:08:53

Memulai Karier Sebagai Blogger

00:07:01

Netiket: Etika dalam Berinternet Bagian 1

00:05:07

Netiket - Etika dalam Berinternet Bagian 2

00:06:29

Pengalaman Karier Sebagai Penulis Bagian 1

00:07:29

Pengalaman Karier Sebagai Penulis Bagian 2

00:08:57

Tutorial Membuat Konten yang SEO-Friendly Bagian 1

00:06:44

Tutorial Membuat Konten yang SEO-Friendly Bagian 2

00:08:54

Kesimpulan dan Penutup: Menciptakan Konten Kreatif dan Memperluas Jangkauan Bisnis melalui Blog

00:02:09

Evaluasi Kelas

00:00:42

Urutkan:

Ulasan

0
0 Ulasan
Belum ada ulasan.
Jadilah yang pertama memberikan ulasan

Ulasan

0
0 Ulasan
Belum ada ulasan.
Jadilah yang pertama memberikan ulasan
Lihat Lebih Banyak