MENGENAL PROSES DESAIN UI/UX MENGGUNAKAN FIGMA UNTUK UI/UX DESIGNER PEMULA

(5 peserta)
Diterbitkan pada: Creative Industry
Rp 350.000,00

Profil Fasilitator

Dendy Ardany

Dendy Ardany mengawali karir sebagai seorang Software Engineer, lalu masuk ke industri digital marketing di bidang kreatif dan teknologi, dan akhirnya memfokuskan kariernya pada produk dan UI/UX. Project yang pernah dirancang oleh Dendy Ardany antara lain KG Player, Universal SSO, MOVIEW ID, Ad Manager, dan Ad lab. Kini, Dendy Ardany sudah berkarir selama 10 tahun di bidang desain UI/UX dengan menciptakan berbagai macam kebutuhan produk digital baik untuk skala besar maupun kecil. Fokus pekerjaannya adalah pada bidang product management. Saat ini, Dendy Ardany dipercaya sebagai Product Lead yang bekerja sama dengan timnya untuk merancang berbagai kebutuhan produk digital.

Deskripsi Kursus

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari kursus ini peserta dapat menjadi seorang desainer UI/UX yang mampu menciptakan produk digital tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan bisnis.

Overview Kursus

Di era digital dan teknologi sekarang ini, kebutuhan akan produk digital seperti aplikasi dan website semakin meningkat. Hal ini tentu menyebabkan desainer UI/UX semakin dibutuhkan oleh perusahaan. Namun, diperlukan keahlian atau kompetensi khusus untuk menciptakan produk digital yang tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan bisnis. Oleh karena itu, kursus ini akan membantu peserta untuk memahami fundamental UI/UX, perbedaan UI/UX, User Research, Visual Design, dan Tools Figma agar peserta dapat membuat sebuah produk digital yang efektif. Kursus ini mencakup beberapa bagian, seperti: 1. Introduction to UI/UX Design, 2. UX/UI Process, 3. Proses Praktikal Desain, dan 4. Kesimpulan.

Target Peserta

  • Profesional
  • First Jobber
  • Mahasiswa
  • Umum (Bisa dipelajari oleh orang dewasa atau siapapun)

Peluang Okupasi yang Dilatih

Seiring berkembangnya dunia digital dan teknologi, kebutuhan akan pekerjaan di bidang digital dan teknologi semakin meningkat. Pekerjaan sebagai seorang desainer adalah salah satu dari beberapa pekerjaan yang paling mampu beradaptasi dengan perubahan di bidang ini. Seorang desainer yang pada mulanya hanya membuat desain berupa gambar, ilustrasi, atau kebutuhan iklan dan promosi saja, sekarang dapat mengembangkan pekerjaannya hingga ke ranah teknologi dengan menjadi seorang UI/UX Designer. Kesempatan seorang desainer untuk bisa meniti karier di bidang UI/UX Designer ini mendorong pentingnya memiliki kompetensi untuk membuat sebuah produk digital yang tepat sesuai dengan target konsumen dan tujuan bisnis. 

Metode Pembelajaran

Self-Paced Learning

Aktivitas Pembelajaran

  • Menonton 40+  Bite-Size Video Learning
  • Membaca 40+ Rangkuman Video
  • Membaca 10+ Bahan Bacaan
  • Mengerjakan 70+ Soal Kuis
  • Tugas Praktik

Materi yang Akan Dipelajari

  1. Pengenalan Definisi UI dan UX Design
  2. Proses Kerja Seorang Designer UI/UX
  3. Cara Berpikir Seorang UI/UX Designer (Design Thinking)
  4. Mengenal Metode UX Research
  5. Mengenal Prinsip - Prinsip UI
  6. Design Guidelines
  7. Tutorial Praktek Mendesain Menggunakan Figma
  8. 10 Panduan Desain yang Dibuat Oleh Jakob Nielsen
  9. Mengetahui Design Delivery dan Alat - alatnya

Apa yang Kamu Peroleh Setelah Menyelesaikan Kursus ini

  • Memahami hal-hal fundamental terkait UI dan UX, seperti definisi, perkembangan, perbedaan antara UI dan UX, serta alur berpikir seorang UI/UX Designer.
  • Memahami definisi, tahapan, metode, urgensi, serta penyajian hasil riset.
  • Mampu memahami prinsip dan panduan desain dalam perancangan UI.
  • Mampu memahami proses praktikal desain dengan menggunakan Figma
  • Mampu memahami prinsip dan alat yang dapat membantu untuk proses pembuatan UI.

 

Topik

Durasi Belajar 04:07:07

Pengantar Kelas: Mengenal Proses Desain UI/UX Menggunakan Figma untuk UI/UX Designer Pemula

00:03:11

Memahami Definisi dan Perbedaan UI/UX Design

00:06:55

Memahami Hubungan Desain Digital dengan UI/UX

00:05:05

Mengenali Perkembangan UI/UX Design terhadap Produk Digital

00:09:24

Memahami Tahapan Emphatise, Define, Ideate, Prototype, dan Test

00:09:55

Memahami UX Research

00:02:22

Memahami User Observation

00:09:54

Mengenali User Persona

00:06:53

Memahami Cara Membuat User Persona

00:07:09

Memahami Cara Membuat Customer Journey Mapping

00:07:46

Memahami Tahapan Define Problem

00:03:03

Memahami Tahapan Hypothesis

00:08:08

Memahami Tahapan Conduct Research

00:04:03

Memahami Tahapan Synthesize

00:04:07

Memahami Tahapan Sharing

00:08:02

Memahami Tahapan Brainstorming

00:03:46

Memahami Metode Riset A/B Testing

00:05:09

Memahami Metode Riset Usability Testing

00:05:23

User Interview

00:07:44

Mengetahui Aspek - aspek yang Mendasari Urgensi User Research

00:03:43

Memahami Prinsip Kesederhanaan (Simplicity)

00:04:39

Memahami Prinsip Kepuasan (Satisfaction)

00:05:23

Memahami Prinsip Aksesibilitas

00:06:32

Mengenal Figma serta Memahami Kelebihan dan Kekurangannya

00:07:19

Demo - Menggunakan Figma

00:03:44

Demo - Membuat User Flow

00:09:55

Demo - Membuat Wireframe

00:08:52

Demo - Membuat Login Form

00:09:58

Demo - Membuat Home page

00:06:42

Demo - Membuat Prototype

00:04:43

Demo - Penggunaan Fitur Commenting

00:03:11

Demo -Penggunaan Fitur Component

00:09:54

Demo - Penggunaan Fitur Component & Animations [Bagian 1]

00:05:58

Demo - Penggunaan Fitur Component & Animations [Bagian 2]

00:07:59

Demo - Membuat Component Menu Overlay

00:05:20

Demo - Membuat Component Open Overlay, Dialog Box

00:05:16

Demo - Penggunaan Fitur Autolayout

00:06:35

Memahami Prinsip - Prinsip dalam Proses UI

00:05:04

Mengetahui Design Delivery dan Alat - Alatnya

00:04:45

Penutup Kelas: Mengenal Proses Desain UI/UX Menggunakan Figma untuk UIUX Designer Pemula

00:02:54

Evaluasi Kelas

00:00:42

Urutkan:

Ulasan

0
0 Ulasan
Belum ada ulasan.
Jadilah yang pertama memberikan ulasan

Ulasan

0
0 Ulasan
Belum ada ulasan.
Jadilah yang pertama memberikan ulasan
Lihat Lebih Banyak