MENGENAL PROSES DESAIN UI/UX MENGGUNAKAN FIGMA UNTUK UI/UX DESIGNER PEMULA
Diterbitkan pada: Creative Industry
Profil Fasilitator

Dendy Ardany
Dendy Ardany mengawali karir sebagai seorang Software Engineer, lalu masuk ke industri digital marketing di bidang kreatif dan teknologi, dan akhirnya memfokuskan kariernya pada produk dan UI/UX. Project yang pernah dirancang oleh Dendy Ardany antara lain KG Player, Universal SSO, MOVIEW ID, Ad Manager, dan Ad lab. Kini, Dendy Ardany sudah berkarir selama 10 tahun di bidang desain UI/UX dengan menciptakan berbagai macam kebutuhan produk digital baik untuk skala besar maupun kecil. Fokus pekerjaannya adalah pada bidang product management. Saat ini, Dendy Ardany dipercaya sebagai Product Lead yang bekerja sama dengan timnya untuk merancang berbagai kebutuhan produk digital.
Deskripsi Kursus
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari kursus ini peserta dapat menjadi seorang desainer UI/UX yang mampu menciptakan produk digital tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan bisnis.
Overview Kursus
Di era digital dan teknologi sekarang ini, kebutuhan akan produk digital seperti aplikasi dan website semakin meningkat. Hal ini tentu menyebabkan desainer UI/UX semakin dibutuhkan oleh perusahaan. Namun, diperlukan keahlian atau kompetensi khusus untuk menciptakan produk digital yang tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan bisnis. Oleh karena itu, kursus ini akan membantu peserta untuk memahami fundamental UI/UX, perbedaan UI/UX, User Research, Visual Design, dan Tools Figma agar peserta dapat membuat sebuah produk digital yang efektif. Kursus ini mencakup beberapa bagian, seperti: 1. Introduction to UI/UX Design, 2. UX/UI Process, 3. Proses Praktikal Desain, dan 4. Kesimpulan.
Target Peserta
- Profesional
- First Jobber
- Mahasiswa
- Umum (Bisa dipelajari oleh orang dewasa atau siapapun)
Peluang Okupasi yang Dilatih
Seiring berkembangnya dunia digital dan teknologi, kebutuhan akan pekerjaan di bidang digital dan teknologi semakin meningkat. Pekerjaan sebagai seorang desainer adalah salah satu dari beberapa pekerjaan yang paling mampu beradaptasi dengan perubahan di bidang ini. Seorang desainer yang pada mulanya hanya membuat desain berupa gambar, ilustrasi, atau kebutuhan iklan dan promosi saja, sekarang dapat mengembangkan pekerjaannya hingga ke ranah teknologi dengan menjadi seorang UI/UX Designer. Kesempatan seorang desainer untuk bisa meniti karier di bidang UI/UX Designer ini mendorong pentingnya memiliki kompetensi untuk membuat sebuah produk digital yang tepat sesuai dengan target konsumen dan tujuan bisnis.
Metode Pembelajaran
Self-Paced Learning
Aktivitas Pembelajaran
- Menonton 40+ Bite-Size Video Learning
- Membaca 40+ Rangkuman Video
- Membaca 10+ Bahan Bacaan
- Mengerjakan 70+ Soal Kuis
- Tugas Praktik
Materi yang Akan Dipelajari
- Pengenalan Definisi UI dan UX Design
- Proses Kerja Seorang Designer UI/UX
- Cara Berpikir Seorang UI/UX Designer (Design Thinking)
- Mengenal Metode UX Research
- Mengenal Prinsip - Prinsip UI
- Design Guidelines
- Tutorial Praktek Mendesain Menggunakan Figma
- 10 Panduan Desain yang Dibuat Oleh Jakob Nielsen
- Mengetahui Design Delivery dan Alat - alatnya
Apa yang Kamu Peroleh Setelah Menyelesaikan Kursus ini
- Memahami hal-hal fundamental terkait UI dan UX, seperti definisi, perkembangan, perbedaan antara UI dan UX, serta alur berpikir seorang UI/UX Designer.
- Memahami definisi, tahapan, metode, urgensi, serta penyajian hasil riset.
- Mampu memahami prinsip dan panduan desain dalam perancangan UI.
- Mampu memahami proses praktikal desain dengan menggunakan Figma
- Mampu memahami prinsip dan alat yang dapat membantu untuk proses pembuatan UI.