GROWTH MINDSET : MODAL AWAL MENGHADAPI PERUBAHAN

(997 peserta)
Diterbitkan pada: Best Seller
Rp 40.000,00 Rp 100.000,00

Profil Fasilitator

Andrea Lusi Anari

Praktisi HR yang sudah pernah mengelola fungsi HR di beberapa unit bisnis dan industri di Kompas Gramedia. Dengan purpose mendefinisikan kembali segala aturan yang ada dengan memberikan ruang kepada manusia untuk bertumbuh, Andrea Lusi Anari saat ini mengembangkan Growth Center menjadi sebuah platform untuk mengoptimalisasi pertumbuhan dan kekhasan manusia.

Arki Sudito

Pengalaman Arki Sudito sebagai praktisi HR dan manajemen strategi sudah tidak diragukan lagi. Sebelum menggeluti karirnya di Kompas Gramedia, beliau juga memiliki pengalaman di beberapa perusahaan ternama seperti Unilever dan Accenture. Dengan purpose membantu orang menemukan keberanian mereka untuk tumbuh dan menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri untuk menjadikan dunia ini lebih baik dan inklusif, Arki Sudito terus mengembangkan Growth Center menjadi sebuah platform untuk mengoptimalisasi pertumbuhan dan keunikan individu.

Deskripsi Kursus

Seseorang dengan growth mindset percaya bahwa kemampuan mereka dapat dikembangkan melalui dedikasi, kerja keras, dan umpan balik dari orang lain. Mereka juga lebih menghargai perbaikan proses daripada semata-mata hasil akhir yang baik. Pola pikir ini membuat seseorang yang memiliki growth mindset lebih terbuka dengan tantangan. Mereka tidak melihat tantangan sebagai sesuatu yang mengancam, tetapi mereka justru melihat tantangan sebagai kesempatan untuk berkembang. 

 

Oleh sebab itu mereka lebih berani mencoba hal-hal baru di luar zona nyaman mereka. Tentu saja setiap tantangan mengandung risiko untuk gagal, namun orang dengan growth mindset tidak takut mengalami kegagalan atau membuat kesalahan karena mereka merasa mendapatkan kesempatan belajar dari kesalahan dan kegagalan tersebut. Dari pembelajaran tersebut mereka tidak segan untuk berupaya keras, mencari strategi yang tepat, mencari umpan balik dari orang lain, serta belajar dari keberhasilan orang lain untuk memperbaiki dan meningkatkan kapabilitas mereka.

 

Anak yang terbiasa dihargai upaya belajarnya bukan hanya hasil akhirnya akan lebih mampu menikmati proses pembelajaran. Baginya, nilai akhir bukan yang utama. Terpenting, kesenangan saat ia dapat menyelesaikan masalah atau menemukan pembelajaran baru. Jika mendapatkan nilai buruk, perhatian utamanya bukan pada nilai akhirnya, tetapi justru pada rasa ingin tahu bagaimana caranya dapat menjawab soal-soal tersebut dengan tepat. Oleh sebab itu ia tak akan segan untuk mencari umpan balik dari gurunya atau belajar dari teman lainnya yang lebih tahu.

 

Sebagai orang yang memiliki growth mindset lebih terbuka terhadap tantangan, bekerja lebih keras dan lebih efektif sehingga lebih mampu menjadi manusia pembelajar dan memberikan kontribusi yang lebih baik untuk di organisasi ataupun lingkungan sekitar dibandingkan dengan mereka yang memiliki fixed mindset.

 

Growth Inventory Assessment:

Untuk Anda yang mengikuti kursus ini, Anda akan memperoleh akses dan laporan Growth Inventory Assessment: Mindset untuk mengukur pola pikir dasar yang Anda miliki dalam menafsirkan dan mengevaluasi kondisi yang menantang di masa depan. Growth Inventory merupakan sekumpulan asesmen traits yang dapat mengukur potensi Anda dalam menghadapi situasi yang tidak pasti dan membutuhkan kelincahan mental (agility) seperti saat ini. Melalui Growth Inventory, Anda akan lebih mengenali diri dan semakin semangat untuk melakukan pengembangan diri.

 

Metode Belajar:

Pembelajaran mandiri (self learning)pembelajaran mandiri dengan menyaksikan video dan mengerjakan kuis. Dengan estimasi durasi waktu:

  • Video: 50 menit
  • Kuis: 60 menit

Apa yang diperoleh setelah mengikuti kursus ini:

Setelah mengikuti kursus ini Anda akan dapat memahami arti dan ciri yang akurat mengenai growth mindset dan dapat membedakannya dari fixed mindset; mengenali manfaat growth mindset dan dampaknya terhadap karir, pendidikan, serta hubunganmu dengan orang lain, mengidentifikasi hambatan dan batasan yang kamu temui dalam mengembangkan growth mindset, hingga mempraktikkan cara-cara mengembangkan growth mindset di kehidupan Anda, sehingga tidak hanya bertahan, kamu bisa bertumbuh dalam era yang penuh perubahan ini.

Siapa saja yang perlu mengikuti kursus ini:

  • Anda yang ingin beradaptasi dengan perubahan saat ini.
  • Anda yang ingin memiliki pola pikir terus bertumbuh agar tidak terjebak pada fixed mindset.

Topik

Durasi Belajar 00:50:24

Introduction: Growth Mindset Modal Awal Menghadapi Perubahan

00:01:09

Tantangan VUCA dalam Konteks Karier

00:03:37

Pengenalan Growth Mindset

00:01:06

Pentingnya growth mindset (7 mindset Schwartz)

00:01:31

Pengenalan Assessment Growth Mindset (Growth Inventory)

00:04:18

Pengertian Fixed dan Growth Mindset

00:05:41

Cara Kerja Fixed dan Growth Mindset

00:02:52

Manfaat memiliki growth mindset dalam berbagai konteks

00:06:03

Studi Kasus Growth Mindset VS Fixed Mindset

00:01:48

Mindset Sebagai Spektrum

00:01:20

Mengembangkan Growth Mindset Pada Diri Sendiri

00:09:15

Membantu orang lain untuk mengembangkan Growth Mindset

00:02:33

Hambatan-hambatan yang Mungkin Muncul dalam Usaha Mengembangkan Growth Mindset

00:05:07

False Growth Mindset (5 Misconceptions)

00:01:49

Traits lain yang Melengkapi Mindset

00:01:33

Evaluasi Kelas

00:00:42

Urutkan:

Ulasan

0
0 Ulasan
Belum ada ulasan.
Jadilah yang pertama memberikan ulasan

Ulasan

0
0 Ulasan
Belum ada ulasan.
Jadilah yang pertama memberikan ulasan
Lihat Lebih Banyak