MEMBANGUN IDENTITAS INFLUENCER SEBAGAI KONTEN KREATOR
Diterbitkan pada: Creative Industry
Profil Fasilitator

Ridho Nugroho
Berkarier sebagai Jurnalis Lifestyle selama kurang lebih 13 tahun di Kompas Gramedia. Sebelumnya, mengawali karier sebagai seorang Fashion Stylist dan Reporter di Majalah HAI. Kemudian sebagai Editor Fashion dan Beauty di Tabloid NOVA dan Nova.ID, selanjutnya sebagai Editor Female Lifestyle di Grid.ID dan selama 3,5 tahun terakhir dipercaya membangun dan memimpin media digital Fashion & Beauty yaitu Stylo Indonesia by Grid Network. Sejak Agustus 2018 hingga sekarang sebagai Chief Community untuk Stylovers Community dan StyloBebs Ambassador yang merupakan para nano influencer fashion dan beauty yang terdiri dari perempuan Indonesia usia 15 - 35 tahun. Tugas dan tanggung jawab Chief Community ialah membangun komunitas tidak hanya dalam sisi jumlah anggotanya, melainkan juga membuat program yang bermanfaat, menarik dan berkualitas sehingga para anggota komunitas tersebut merasa mendapatkan manfaat positif bagi pengembangan dirinya atau mikro bisnis yang dia pegang. Berbagai program yang sudah pernah diadakan untuk para anggota komunitas adalah Gerakan Stop Beauty Shaming, Jurnal Pejuang Jerawat, Love Your Size, Basic fashionpreneur workshop, Basic beautypreneur workshop, Skin Treatment bersama Dermatolog, Makeup for Commercials workshop, OOTD Photo Workshop class, dan lain sebagainya.
Deskripsi Kursus
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kelas ini peserta mampu menciptakan konten yang menarik untuk membangun Identitas Influencer melalui berbagai kanal media sosial secara tepat sasaran dan tujuan pembuatan konten.
Overview Kursus
Media sosial dapat menjadi platform penghubung dengan audiens untuk mempengaruhi orang-orang di berbagai media sosial dan memiliki pengikut dengan jumlah banyak, yang kemudian bekerja sama dengan brand untuk menjalankan strategi digital marketing guna mempromosikan produk maupun jasa dalam bentuk konten di media sosial. Banyak generasi milenial hingga Z ingin dikenal oleh masyarakat luas hingga ingin menjadikan konten kreator sebagai pekerjaan, namun tidak banyak yang paham mengenai personal branding atau identitas sebagai influencers maupun konten kreator. Dalam kursus ini mencakup beberapa bagian diantaranya Pentingnya Nilai Unik dan Personal Branding, Audiens dalam Media Sosial, Memilih Platform Media Sosial yang Tepat, Membangun Konten Menarik di Media Sosial 5. Matriks Media Sosial 6. Memasarkan Diri Sendiri dan Mendapatkan Sponsor, hingga Cara Membangun karir sebagai influencers.
Target Peserta
- Profesional
- First Jobber
- Mahasiswa
- Umum (Bisa dipelajari oleh orang dewasa atau siapapun)
Peluang Okupasi yang Dilatih
Manusia sudah terbiasa memanfaatkan cerita dalam berkomunikasi semenjak zaman primitif hingga era teknologi seperti sekarang. Cerita memang bisa berbicara dan menghubungkan orang lebih mendalam ketimbang data, angka dan presentasi. Hal ini disadari oleh banyak perusahaan di zaman sekarang sehingga meningkatkan kebutuhan akan profesi seperti copywriter, account executive dan content creator. Perkembangan teknologi juga mendorong munculnya banyak platform baru sebagai medium kita mempublikasikan tulisan dan konten cerita. Sudah tidak asing untuk kita melihat banyak orang yang menjadi pembuat konten muncul di sosial media saat ini, mulai dari pembuat konten edukasi hingga vlogger yang merekam kehidupan pribadi sehari-hari. Uniknya, kegiatan yang awalnya dilihat sebagai hobi tersebut, ternyata sekarang bisa dijadikan profesi. Melatih kemampuan bercerita dengan dasar kaidah jurnalistik memberikan kepada kamu keterampilan yang dapat diaplikasikan mengikuti kebutuhan zaman dan perkembangan platform. Kamu bisa menjadi seorang pembuat konten yang bertanggung jawab kepada publik dan memiliki intensi jernih, sambil tetap menyuguhkan konten yang berkualitas secara teknik penulisan dan bertutur. Kemampuan yang dilatih di kursus ini sangat ideal untuk kamu yang ingin menjadi pembuat konten, namun juga untuk setiap orang yang mau belajar berkomunikasi secara lebih efektif.
Metode Pembelajaran
Self-Paced Learning
Aktivitas Pembelajaran
- Menonton 50+ Bite-Size Video Learning
- Membaca 35+ Rangkuman Video
- Membaca 9 Bahan Bacaan
- Mengerjakan 60+ Kuis
- Tugas Praktik
Materi yang Akan Dipelajari
- Mengenal Unique Value Proposition sebuah Brand
- Membangun personal branding melalui UVP
- Mengenali Jenis-Jenis Influencers dan Membuat Strategi Pemasaran Influencer
- Menentukan Audiens di Media Sosial
- Memilih platform media sosial yang tepat
- Membuat Konten yang Menarik di Media Sosial
- Membuat Caption yang menarik
- Mengukur Matriks Media Sosial dan Menganalisa Perbedaan Matrik Media Sosial
- Langkah-langkah Meningkatkan Kinerja Media sosial
- Membuat Strategi untuk Memasarkan Diri
- Tips dan Trik memasarkan diri untuk Social Media Influencer
- Cara Mendapatkan Sponsorship
- Contoh Praktek Cara Memasarkan diri Dengan Berbagai Topik Konten
- Membangun skill sebagai influencers
- Membangun company dari influencers
- Membangun Karir sebagai influencers
Apa yang Kamu Peroleh Setelah Menyelesaikan Kursus ini
- Peserta dapat memahami pentingnya memiliki nilai unik dan personal branding yang kuat
- Peserta dapat memahami audiens dalam social media
- Peserta mampu mengaplikasikan pemilihan platform media sosial yang tepat
- Peserta mampu mengaplikasikan pembuatan konten yang menarik di sosial media
- Peserta mampu memetakan matriks social media yang cocok untuk meningkatkan kinerja sosial media
- Peserta memahami bagaimana cara menemukan dan mempromosikan diri ke sponsor
- Peserta dapat mengaplikasikan bagaimana membangun karir sebagai influencers