MEMBANGUN IDENTITAS INFLUENCER SEBAGAI KONTEN KREATOR

(5 peserta)
Diterbitkan pada: Creative Industry
Rp 350.000,00

Profil Fasilitator

Ridho Nugroho

Berkarier sebagai Jurnalis Lifestyle selama kurang lebih 13 tahun di Kompas Gramedia. Sebelumnya, mengawali karier sebagai seorang Fashion Stylist dan Reporter di Majalah HAI. Kemudian sebagai Editor Fashion dan Beauty di Tabloid NOVA dan Nova.ID, selanjutnya sebagai Editor Female Lifestyle di Grid.ID dan selama 3,5 tahun terakhir dipercaya membangun dan memimpin media digital Fashion & Beauty yaitu Stylo Indonesia by Grid Network. Sejak Agustus 2018 hingga sekarang sebagai Chief Community untuk Stylovers Community dan StyloBebs Ambassador yang merupakan para nano influencer fashion dan beauty yang terdiri dari perempuan Indonesia usia 15 - 35 tahun. Tugas dan tanggung jawab Chief Community ialah membangun komunitas tidak hanya dalam sisi jumlah anggotanya, melainkan juga membuat program yang bermanfaat, menarik dan berkualitas sehingga para anggota komunitas tersebut merasa mendapatkan manfaat positif bagi pengembangan dirinya atau mikro bisnis yang dia pegang. Berbagai program yang sudah pernah diadakan untuk para anggota komunitas adalah Gerakan Stop Beauty Shaming, Jurnal Pejuang Jerawat, Love Your Size, Basic fashionpreneur workshop, Basic beautypreneur workshop, Skin Treatment bersama Dermatolog, Makeup for Commercials workshop, OOTD Photo Workshop class, dan lain sebagainya.

Deskripsi Kursus

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kelas ini peserta mampu menciptakan konten yang menarik untuk membangun Identitas Influencer melalui berbagai kanal media sosial secara tepat sasaran dan tujuan pembuatan konten.

Overview Kursus

Media sosial dapat menjadi platform penghubung dengan audiens untuk mempengaruhi orang-orang di berbagai media sosial dan memiliki pengikut dengan jumlah banyak, yang kemudian bekerja sama dengan brand untuk menjalankan strategi digital marketing guna mempromosikan produk maupun jasa dalam bentuk konten di media sosial. Banyak generasi milenial hingga Z ingin dikenal oleh masyarakat luas hingga ingin menjadikan konten kreator sebagai pekerjaan, namun tidak banyak yang paham mengenai personal branding atau identitas sebagai influencers maupun konten kreator. Dalam kursus ini mencakup beberapa bagian diantaranya Pentingnya Nilai Unik dan Personal Branding, Audiens dalam Media Sosial, Memilih Platform Media Sosial yang Tepat, Membangun Konten Menarik di Media Sosial 5. Matriks Media Sosial  6. Memasarkan Diri Sendiri dan Mendapatkan Sponsor, hingga Cara Membangun karir sebagai influencers. 

Target Peserta

  • Profesional
  • First Jobber
  • Mahasiswa
  • Umum (Bisa dipelajari oleh orang dewasa atau siapapun)

Peluang Okupasi yang Dilatih

Manusia sudah terbiasa memanfaatkan cerita dalam berkomunikasi semenjak zaman primitif hingga era teknologi seperti sekarang. Cerita memang bisa berbicara dan menghubungkan orang lebih mendalam ketimbang data, angka dan presentasi. Hal ini disadari oleh banyak perusahaan di zaman sekarang sehingga meningkatkan kebutuhan akan profesi seperti copywriter, account executive dan content creator. Perkembangan teknologi juga mendorong munculnya banyak platform baru sebagai medium kita mempublikasikan tulisan dan konten cerita. Sudah tidak asing untuk kita melihat banyak orang yang menjadi pembuat konten muncul di sosial media saat ini, mulai dari pembuat konten edukasi hingga vlogger yang merekam kehidupan pribadi sehari-hari. Uniknya, kegiatan yang awalnya dilihat sebagai hobi tersebut, ternyata sekarang bisa dijadikan profesi. Melatih kemampuan bercerita dengan dasar kaidah jurnalistik memberikan kepada kamu keterampilan yang dapat diaplikasikan mengikuti kebutuhan zaman dan perkembangan platform. Kamu bisa menjadi seorang pembuat konten yang bertanggung jawab kepada publik dan memiliki intensi jernih, sambil tetap menyuguhkan konten yang berkualitas secara teknik penulisan dan bertutur. Kemampuan yang dilatih di kursus ini sangat ideal untuk kamu yang ingin menjadi pembuat konten, namun juga untuk setiap orang yang mau belajar berkomunikasi secara lebih efektif.

Metode Pembelajaran

Self-Paced Learning

Aktivitas Pembelajaran

  • Menonton 50+  Bite-Size Video Learning
  • Membaca 35+ Rangkuman Video
  • Membaca 9 Bahan Bacaan
  • Mengerjakan 60+ Kuis
  • Tugas Praktik

Materi yang Akan Dipelajari

  1. Mengenal Unique Value Proposition sebuah Brand
  2. Membangun personal branding melalui UVP
  3. Mengenali Jenis-Jenis Influencers dan Membuat Strategi Pemasaran Influencer
  4. Menentukan Audiens di Media Sosial
  5. Memilih platform media sosial yang tepat
  6. Membuat Konten yang Menarik di Media Sosial
  7. Membuat Caption yang menarik
  8. Mengukur Matriks Media Sosial dan Menganalisa Perbedaan Matrik Media Sosial
  9. Langkah-langkah Meningkatkan Kinerja Media sosial
  10. Membuat Strategi untuk Memasarkan Diri
  11. Tips dan Trik memasarkan diri untuk Social Media Influencer
  12. Cara Mendapatkan Sponsorship
  13. Contoh Praktek Cara Memasarkan diri Dengan Berbagai Topik Konten
  14. Membangun skill sebagai influencers
  15. Membangun company dari influencers
  16. Membangun Karir sebagai influencers

Apa yang Kamu Peroleh Setelah Menyelesaikan Kursus ini

  • Peserta dapat memahami pentingnya memiliki nilai unik dan personal branding yang kuat
  • Peserta dapat memahami audiens dalam social media
  • Peserta mampu mengaplikasikan pemilihan platform media sosial yang tepat
  • Peserta mampu mengaplikasikan pembuatan konten yang menarik di sosial media
  • Peserta mampu memetakan matriks social media yang cocok untuk meningkatkan kinerja sosial media
  • Peserta memahami bagaimana cara menemukan dan mempromosikan diri ke sponsor
  • Peserta dapat mengaplikasikan bagaimana membangun karir sebagai influencers

Topik

Durasi Belajar 04:25:35

Pengantar Kelas: Membangun Identitas Influencers sebagai Konten Kreator

00:05:31

Unique Value Proposition

00:02:39

Unique Value Proposition Sebuah Brand

00:05:53

Pengatar Personal Branding

00:08:23

Membangun Personal Branding Melalui UVP

00:01:46

Personal Branding: Tokoh Terkemuka

00:02:49

Hukum Personal Branding

00:06:29

Media Sosial vs Social Media Marketing

00:03:59

Perbedaan KOL dan Influencers

00:04:38

Jenis Influencers

00:05:50

Dasar-Dasar Audiens Media Sosial

00:02:01

Menentukan Audiensi di Media Sosial

00:02:26

Audiensi Media Sosial (Stylo Indonesia)

00:05:05

Bagaimana Memilih Platform Media Sosial?

00:07:24

Keberhasilan Memilih Platform Media Sosial

00:04:49

Pencarian Ide Konten

00:03:28

Langkah Mengoptimalkan Konten di Media Sosial

00:09:19

Konten Influencers yang Optimal

00:02:08

Langkah Membuat Caption yang Menarik Untuk Engagment

00:04:12

Contoh Caption yang Menarik Bagi Pemula (Studi Kasus)

00:02:50

Contoh Caption yang Menarik

00:03:34

Dasar Matriks di Media Sosial

00:02:02

Macam-Macam Matriks Media Sosial

00:04:17

Analisa Perbedaan Matrik Media Sosial

00:04:55

Analisa Perbedaan Matriks Media Sosial Lanjutan

00:02:35

Langkah-Langkah Meningkatkan Kinerja Media Sosial

00:04:46

Meningkatkan Kinerja Media Sosial Melalui Konten

00:03:43

Meningkatkan Kinerja Media Sosial (Studi Kasus)

00:04:09

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasarkan Diri

00:05:21

Strategi Memasarkan Diri

00:07:41

Tips Memasarkan Diri untuk Social Media Influencer

00:07:08

Dasar Sponsorship

00:06:14

Langkah Mendapatkan Sponsor

00:05:23

Mendapatkan Sponsor (Studi Kasus)

00:02:49

Sponsor yang Bekerjasama Dengan Influencers

00:04:10

Memasarkan Diri Melalui Penampilan

00:04:10

Memasarkan Diri Melalui Penampilan - Menjadi Travel Influencer

00:06:15

Memasarkan Diri Melalui Penampilan - Menjadi Food Influencer

00:07:03

Memasarkan Diri Melalui Penampilan - Menjadi Mom Influencer

00:06:28

Memasarkan Diri Melalui Penampilan - Menjadi Fashion Influencer

00:06:15

Tips Influencer Kecantikan Ketika Mendapatkan Sponsor

00:11:00

Memasarkan Diri Melalui Penampilan - Menjadi Beauty Influencer [Memilih Busana dan Berpose untuk Menunjukan Identitas Kecantikan]

00:07:31

Memasarkan Diri Melalui Penampilan - Menjadi Beauty Influencer [Mengaplikasikan Make-Up]

00:05:25

Profesi Influencer vs Karyawan

00:05:12

Potensi Menjadi Influencers

00:02:43

Membangun Skill Sebagai Influencers

00:04:15

Skill yang Dibutuhkan Influencers (Studi Kasus)

00:05:32

Bagaimana Membangun Company dari Influencers

00:05:07

Tantangan Sebagai Influencer - Hal yang Perlu dimiliki oleh Influencer

00:07:36

Tantangan Sebagai Influencer - Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Seorang Influencer

00:07:56

Tantangan Sebagai Influencer - Menjadi Influencer yang Mandiri

00:09:34

Penutup Kelas: Membangun Identitas Influencers sebagai Konten Kreator

00:02:25

Evaluasi Kelas

00:00:42

Urutkan:

Ulasan

0
0 Ulasan
Belum ada ulasan.
Jadilah yang pertama memberikan ulasan

Ulasan

0
0 Ulasan
Belum ada ulasan.
Jadilah yang pertama memberikan ulasan
Lihat Lebih Banyak