MEMBUAT KONTEN CITIZEN JOURNALISM BAGI PARA CONTENT CREATOR

(4 peserta)
Diterbitkan pada: Creative Industry
Rp 300.000,00

Profil Fasilitator

Amal Burga M., S.I.Kom

Amal Burga telah aktif dalam dunia media sosial lebih dari enam tahun. Saat ini, Ia berkarir sebagai Digital Analyst di salah satu instansi pemerintahan dan Ia juga pernah bekerja sebagai Social Media Marketing di salah satu media terbesar di Indonesia. Latar belakangnya sebagai Analis Sosial Media sudah banyak membantu perusahaan untuk menangani pengelolaan media sosial. Pada pelatihan ini, Ia akan membagikan ilmu dan pengetahuannya tentang media sosial dan jurnalistik sebagai pengantar dasar jurnalisme warga.

Widha Karina

Widha Karina telah aktif dalam bidang pengelolaan konten selama lebih dari tujuh tahun. Saat ini, Ia berkarir sebagai Content Group Head di Kompasiana. Dengan latar belakangnya sebagai Content Specialist, Ia sudah banyak membantu Kompasiana dalam mengelola konten UGC. Pada pelatihan ini, Ia akan membagikan ilmu dan pengetahuannya tentang seluk-beluk konten jurnalisme warga.

Deskripsi Kursus

 

Tujuan Umum Pembelajaran

Peserta mampu membuat konten citizen journalism atau jurnalisme warga di media sosial, blog, atau media lainnya sesuai dengan kaidah penulisan.

 

Tujuan Khusus

  1. Peserta mampu memahami tentang konsep dasar penggunaan media sosial baik dari tujuan hingga fungsinya
  2. Peserta mampu memahami konsep dasar jurnalistik sebagai bekal awal sebelum menulis konten citizen journalism
  3. Peserta mampu menjelaskan bagaimana sebuah portal berita mampu menghasilkan profit serta bagaimana pemanfaatan media sebagai media distribusi
  4. Peserta mampu mengidentifikasikan perbedaan influencer dan KOL serta mampu menjelaskan pemanfaat media sosial oleh influencer
  5. Peserta mampu menjelaskan definisi dari citizen journalism serta mampu menjabarkan mengenai penggunaan citizen journalism di media sosial
  6. Peserta mampu menjabarkan definisi, peran dan karakter dari User Generated Content (UGC) serta penggunaannya
  7. Peserta mampu memahami partisipasi serta pengaruh publik di ruang digital
  8. Peserta mampu memahami posisi citizen journalism terhadap media mainstream
  9. Peserta mampu memahami hal yang perlu diperhatikan sebelum menulis konten citizen journalism
  10. Peserta mampu menerapkan strategi pemasaran sebagai strategi untuk mendistribusikan konten citizen journalism

Deskripsi Course

Apakah kamu tahu bahwa ada kesempatan menjadi seorang jurnalis tanpa perlu kuliah jurnalistik?Perlu kamu ketahui bahwa saat ini perkembangan jurnalistik berkembang sangat cepat dan hal ini mengakibatkan kebutuhan akan informasi di masyarakat begitu tinggi. Namun faktanya, profesi jurnalis di Indonesia belum banyak untuk memenuhi kebutuhan tersebut.  Warga biasa menjadi jawaban untuk masalah tersebut maka pada dunia jurnalistik muncullah model baru yaitu Citizen journalism atau jurnalisme warga. Saat ini, dunia jurnalis tidak hanya milik para jurnalis profesional atau ahli saja tetapi milik siapa saja yang ingin membagikan informasi. Pada pelatihan ini, kamu akan diajak oleh pengajar untuk melihat secara mendalam ilmu mengenai jurnalisme warga. Kamu akan mempelajari tentang dasar-dasar media sosial sebagai salah satu media untuk menyebarkan konten informasi. Serta kamu juga akan mengetahui mengenai jurnalistik dan perkembangan media massa di Indonesia hingga akhirnya kamu akan mempelajari lebih dalam tentang jurnalisme warga baik dari dasarnya hingga etika yang perlu diikuti jika ingin menjadi seorang jurnalis warga atau konten kreator yang merangkap menjadi jurnalis warga. Jadi ingin tunggu apa lagi? Ikuti kelas ini dan jadilah citizen journalist yang berdampak!

 

Metode Pembelajaran

Pembelajaran mandiri (Self Paced Learning): Metode ajar yang digunakan adalah kombinasi antara ceramah dan studi kasus yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Dengan estimasi durasi pembelajaran pada kursus ini yaitu menyaksikan pemaparan video materi selama 4 jam 20 menit dan membaca bahan bacaan selama 1 jam 40 menit.

 

Metode Evaluasi

  • Kuis
  • Tugas Praktik


Siapa saja yang perlu mengikuti kursus ini:

Pelatihan ini dapat diikuti oleh siapapun yang tertarik untuk mengetahui serta mempelajari pengetahuan tentang Citizen journalism atau jurnalisme warga terutama bagi kamu yang tertarik untuk membuat serta mengembangkan konten jurnalisme warga di media sosial, blog maupun media digital lainnya.

 

Apa yang diperoleh setelah mengikuti kursus ini:

Setelah mengikuti pelatihan ini, kamu akan memahami dasar-dasar media sosial sebagai media yang cocok untuk para jurnalis warga, mengetahui perkembangan media arus utama di Indonesia serta kamu juga akan mampu mengenali konsep jurnalisme warga serta penerapannya hingga pada akhirnya kamu dapat membuat konten jurnalisme wargamu sendiri.

 

Bagaimana peluang okupasi yang dapat dicapai:

Pada era digital ini, semua kalangan masyarakat menyadari bahwa perkembangan media informasi melalui konten di media digital mengalami lonjakan. Bahkan saat ini, bidang jurnalistik tidak hanya dipergunakan oleh jurnalis profesional saja melainkan semua warga biasa yang ingin berbagi informasi melalui jurnalisme warga. Kehadiran jurnalisme warga ini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan sebuah informasi sehingga peluang menjadi jurnalis warga sangat terbuka luas bagi siapapun. Untuk menjadi seorang jurnalis warga maka diperlukan keterampilan komunikasi dan menulis yang baik dan dengan kemampuan tersebut, maka akan muncul banyak peluang karir seperti menjadi content creator, penulis blog, content writer atau sebagai kolaborator untuk media arus utama.

 

Detail Durasi Kelas:

Pengenalan Kelas:

  • Pengantar Kelas (05:57)
  • Glossary (07:30)

Sesi 1: Fundamental Media Sosial

  • Definisi Media Sosial (05:46)
  • Jenis-Jenis Media Sosial (05:48)
  • Tujuan dan Sejarah Singkat Media Sosial (09:00)
  • Fungsi Awal Media Sosial Secara Umum (04:50)
  • Karakteristik Media Sosial (03:57)
  • Perbedaan Tiap Platform Media Sosial (05:18)
  • Statistik Penggunaan Internet, Media Sosial, dan Platform Media Sosial Populer di Indonesia (06:34)

Sesi 2: Pengenalan Jurnalistik

  • Definisi dan Tujuan Jurnalistik (04:50)
  • 9 Elemen Jurnalistik (04:59)
  • Dunia Jurnalistik Lampau dan Masa Kini (05 :49)
  • Elemen – Elemen Jurnalistik (05:00)

Sesi 3 : Media Nasional (Mainstream Media) di Indonesia

  • Sejarah Kantor Berita di Indonesia (03:48)
  • Dewan Pers dan Produk Hukum yang Menaungi Jurnalistik (06:06)
  • Masuknya Internet ke Indonesia dan Adaptasi Media Nasional (08:53)
  • Bagaimana Portal Berita Memproduksi Berita & Mendapatkan Uang (09:30)
  • Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Jurnalistik oleh Portal Berita di Indonesia (07:42)
  • Kode Etik Jurnalistik (06:00)

Sesi 4: Influencer, Media Sosial dan Portal Berita

  • Mengenal perbedaan Influencer dan Key Opinion Leader (KOL) (06:46)
  • WOM sebagai kebutuhan netizen masa kini (07:31)
  • Pemanfaatan Media Sosial oleh Influencer dan KOL (08:01)

Sesi 5: Pengantar Citizen journalism

  • Apa itu Citizen journalism? (06:33)
  • Citizen journalism di Era Media Sosial (06:46)
  • Hoaks dan 'so-called CJ' di Media Sosial (05:06)
  • Etika Citizen journalism (05:46)
  • Peran dan Motivasi dalam Citizen Journalism (03:00)
  • Pentingnya Memahami Isi dan Substansi Undang-Undang ITE (13:00)
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber (05:00)

Sesi 6: Pengantar User Generated Content (UGC)

  • Definisi dan Sejarah User Generated Content (UGC) (08:31)
  • Peran dan Karakter User Generated Content (UGC) (05:12)
  • Bentuk dan Ragam Konten User Generated Content (UGC) (05:36)
  • Studi Kasus: Seluk Beluk Kompasiana (06:34)

Sesi 7: User Generated Content (UGC) dan Trend Digital

  • Mengapa User Generated Content (UGC) Digemari? (07:47)
  • Influencer dan Personal Branding (05:46)
  • Perjalanan (Journey) Partisipasi Publik di Ruang Digital (04:40)
  • Positif dan Negatif Konten User Generated Content (UGC) (07:27)

Sesi 8: Citizen Journalism dan Posisinya Terhadap Media Mainstream

  • Media Pluralisme dan Desakan Demokrasi (07:18)
  • Definisi dan Sejarah Citizen Journalism (06:19)
  • Diferensiasi Platform dan Karakter Konten (09:04)
  • Kritik dan Apresiasi Terhadap Citizen journalism (08:49)
  • Kritik dan Dampak dalam Citizen journalism (07:00)
  • Contoh Ragam Konten Citizen journalism (09:00)
  • Peran Komunitas dalam Pembentukan Tradisi Citizen journalism di Indonesia (05:30)
  • Pemanfaatan Grup Media Sosial untuk Citizen Journalism (07:00)

Sesi 9: Membuat Konten Citizen journalism

  • Peran Citizen Journalist dan Hybrid Journalism (07:13)
  • 10 Komponen yang perlu diperhatikan dalam membuat konten Citizen journalism (Bagian 1) (06:12)
  • 10 Komponen yang perlu diperhatikan dalam membuat konten Citizen journalism (Bagian 2) (05:38)
  • Strategi Marketing (03:58)
  • Kenali Ragam Risiko dan Mitigasinya (06:51)
  • Citizen Journalism: Best Practice (08:00)
  • Masalah Keselamatan & Keamanan dalam Citizen journalism (04:30) 

Sesi Tanya Jawab

  • QnA: Citizen Journalism Bagian 1 (03:52)
  • QnA: Citizen Journalism Bagian 2 (05:34)

Kesimpulan dan Penutup Kelas

  • Rangkuman Kelas (30:00)
  • Kesimpulan dan Penutup (03:37)

Uji Kompetensi

  • Tugas Praktik (120:00)

 

Topik

Durasi Belajar 04:22:43

Pengantar Kelas: Membuat Konten Citizen Journalism bagi Para Content Creator

00:05:57

Definisi Media Sosial

00:05:46

Jenis Media Sosial

00:05:48

Tujuan dan Sejarah Singkat Media Sosial

00:09:00

Fungsi Awal Media Sosial Secara Umum

00:04:50

Karakteristik Media Sosial

00:03:57

Perbedaan Setiap Platform Media Sosial Secara Khusus

00:05:18

Statistik Penggunaan Internet, Media Sosial, dan Platform Media Sosial Populer di Indonesia

00:06:34

Definsi dan Tujuan Jurnalistik

00:04:50

9 Elemen Jurnalistik

00:04:59

Dunia Jurnalistik Lampau dan Masa Kini

00:05:49

Sejarah Kantor Berita di Indonesia

00:03:58

Dewan Pers dan Produk Hukum yang Menaungi Jurnalistik

00:06:06

Masuknya Internet ke Indonesia dan Adaptasi Media Nasional

00:08:53

Bagaimana Portal Berita Memproduksi Berita: Mendapatkan Uang

00:09:30

Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Jurnalistik oleh Portal Berita di Indonesia

00:07:42

Mengenal perbedaan Influencer dan Key Opinion Leader (KOL)

00:06:47

WOM Sebagai Kebutuhan Netizen Masa Kini

00:07:31

Pemanfaatan Media Sosial oleh Influencer dan KOL

00:08:01

Apa itu Citizen Journalism?

00:06:33

Citizen Journalism di Era Media Sosial

00:06:46

Hoaks dan 'so-called CJ' di Media Sosial

00:05:07

Etika Citizen Journalism

00:05:46

Definisi dan Sejarah UGC

00:08:31

Peran dan Karakter UGC

00:05:12

Bentuk dan Ragam Konten UGC

00:05:36

Studi Kasus- Seluk Beluk Kompasiana

00:06:34

Mengapa UGC Digemari?

00:07:47

Influencer dan Personal Branding

00:05:46

Perjalanan (Journey) Partisipasi Publik di Ruang Digital

00:04:40

Positif dan Negatif Konten UGC

00:07:27

Media Pluralisme dan Desakan Demokrasi

00:07:18

Definisi dan Sejarah Citizen Journalism

00:06:19

Diferensiasi Platform dan Karakter Konten

00:09:04

Kritik dan Apresiasi Terhadap Citizen Journalism

00:08:49

Peran Citizen Journalist dan Hybrid Journalism

00:07:13

10 Komponen yang perlu diperhatikan (Bagian 1)

00:06:12

10 Komponen yang perlu diperhatikan (Bagian 2)

00:05:39

Strategi Marketing

00:03:58

Kenali Ragam Risiko dan Mitigasinya

00:06:51

Penutup Kelas: Membuat Konten Citizen Journalism bagi Para Content Creator

00:03:37

Evaluasi Kelas

00:00:42

Urutkan:

Ulasan

0
0 Ulasan
Belum ada ulasan.
Jadilah yang pertama memberikan ulasan

Ulasan

0
0 Ulasan
Belum ada ulasan.
Jadilah yang pertama memberikan ulasan
Lihat Lebih Banyak