FAQ’s
Halo! Ada yang bisa Kogi bantu?
Tentang Growth Center
Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.
Tentang Kognisi.id
Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi.id Discovery dan Kognisi.id Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.
Pendaftaran
Bagaimana saya dapat mendaftar untuk mengikuti kursus di Kognisi?
Langkah 1: Akses Kognisi.id
Langkah 2: Cari kelas yang kamu mau melalui search bar atau scroll ke bawah dan lihat bagian kursus tersedia.
Langkah 3: Pilih kursus yang ingin kamu pelajari dan klik Detail untuk tahu lebih dalam.
Langkah 4: Cermati deskripsi dan harga kursus yang telah kamu pilih.
Langkah 5: Klik Masuk atau Daftar untuk Membeli untuk membeli kursus.
Langkah 6: Masuk menggunakan email dan password. Jika belum mempunya akun,daftarkan dirimu terlebih dahulu di sini
Langkah 7: Klik Beli untuk membeli kursus
Langkah 8: Apabila mempunyai voucher, silakan masukkan pada Kode Voucher, selanjutnya klik Terapkan Voucher, lalu klik Lanjutkan.
Langkah 9: Cek ringkasan pesanan dan klik Bayar Sekarang jika sudah benar.
Langkah 10: Lakukan pembayaran dengan memilih metode bayar yang tersedia, selanjutnya selesaikan pembayaran. Kursus sudah bisa ditonton dan selamat belajar.
Pembayaran
1. Apa saja metode pembayaran yang bisa digunakan?
Kamu bisa melakukan pembayaran melalui:
- Credit/Debit Card (MasterCard, Visa, dsb.)
- ATM/Bank Transfer (Bank Mandiri, BNI, Bank Permata, dan bank lain)
- GoPay, QRIS, Dana, OVO, dan LinkAja
2. Bagaimana saya mengetahui bahwa pembayaran telah sukses atau tidak?
Kamu dapat mengetahui status pembayaran kamu melalui email konfirmasi pembayaran yang dikirim oleh Astronaut, segera setelah kamu menyelesaikan pembayaran.
3. Apa yang harus saya lakukan apabila terjadi kesalahan pembayaran?
Jika terjadi kesalahan pembayaran, kamu tidak dapat melakukan pembatalan. Namun, silakan untuk melakukan refund atau pengembalian dana.
4. Apakah saya dapat membeli lebih dari satu kelas dalam satu transaksi?
Tidak. Satu transaksi hanya untuk satu kursus.
Pengembalian Dana
1. Apakah pengembalian dana dapat dilakukan?
Pengembalian dana dapat dilakukan jika transaksi yang akan dikembalikan dananya merupakan transaksi melalui Gopay/QRIS dan/atau Credit Card dan sudah ada notifikasi kalau kamu berhasil membayar.
2. Apa saja yang harus dilampirkan untuk melakukan pengembalian dana?
Kamu dapat melampirkan detail transaksi seperti order ID dan email.
3. Berapa lama proses pengembalian dana akan dikirimkan ke pelanggan?
Pengembalian dana tergantung dari metode pembayaran, Go-Pay dan QRIS 1x24 jam, sedangkan credit card 7-14 hari kerja atau tergantung dari kebijakan bank
Akun Saya
-
Bagaimana mengatur data diri pada akun Kognisi?
Langkah 1: Akses Kognisi.id
Langkah 2: Klik Masuk di kanan atas laman webite
Langkah 3: Masuk menggunakan email dan password
Langkah 4: Klik Akun Saya di kanan atas laman website untuk melihat setelan akun.
Langkah 5: Kamu bisa mengunggah foto profil, melakukan pembaruan terkait nama dan nomor telepon, serta mengganti kata sandi.
-
Bagaimana melihat riwayat kelas pada akun Kognisi?
Langkah 1: Akses Kognisi.id
Langkah 2: Klik Masuk di kanan atas laman webite
Langkah 3: Masuk menggunakan email dan password
Langkah 4: Klik Kursus Saya di kanan atas laman website untuk melihat riwayat kelasmu. Kamu bisa mengetahui kursus yang menuggu pembayaran, terbeli, belum selesai, hingga yang sudah selesai.
- Mengapa akun saya tidak dapat diakses?
Akun kamu mungkin tidak dapat diakses karena kata sandi yang salah. Namun, jika akun masih tidak bisa diakses setelah mengganti kata sandi, klik Hubungi Kami pada bagian bawah laman utama website dan kirimkan pesan kepada kami. Sesuaikan nama, email, dan nomor telepon dengan data yang kamu gunakan dalam mendaftar akun Kognisi.id.
- Apa yang harus saya lakukan bila saya lupa kata sandi (password)?
- Klik Masuk pada laman website
- Klik Lupa password? saat hendak masuk
- Tulis email yang kamu gunakan dalam mendaftar akun Kognisi.id untuk mengajukan reset password atau penggantian kata sandi
- Tunggu email dari Kognisi.id untuk mengganti kata sandi (Proses ini akan mengambil waktu 20-25 menit)
- Klik tombol Reset Password pada email
- Lakukan penggantian kata sandi dengan menuliskan kata sandi baru yang kamu inginkan
- Selamat, penggantian kata sandi berhasil!
- Bagaimana cara mengganti kata sandi (password)?
Klik Akun Saya di kanan atas laman website untuk melihat setelan akun. Lihat bagian Keamanan dan klik Ganti Kata Sandi untuk mengganti kata sandimu. Tuliskan kata sandi lama dan tentukan kata sandi baru dan klik Simpan. Selamat, kata sandimu telah diganti!
- Berapa banyak perangkat yang bisa gunakan dengan satu akun?
Kognisi.id hanya bisa dibuka melalui browser internet melalui 1 perangkat dalam 1 waktu
- Bagaimana cara menghapus akun Kognisi.id saya?
Untuk saat ini kamu belum dapat menghapus akun Kognisi.id kamu secara mandiri melalui platform. Permintaan menghapus akun dapat dilakukan melalui email ke kognisi@growthcenter.id
Penilaian dan Sertifikat
- Bagaimana cara untuk mendapatkan sertifikat?
- Pastikan kamu telah menyelesaikan kursus
- Kamu akan diminta untuk mengerjakan quiz untuk memastikan bahwa kamu telah memahami kursus dengan baik
- Kerjakan semua Quiz untuk mendapatkan sertifikat
- Setelah kamu selesai mengerjakan, admin membutuhkan waktu 1 hari kerja untuk mereview hasil pekerjaanmu.
- Selamat! Kamu telah menyelesaikan e-course di Kognisi.id dan mendapatkan Certification of Completion
- Apa saya dapat mengubah nama pada sertifikat?
Tidak. Nama pada sertifikat sesuai dengan nama yang kamu daftarkan sebagai nama pengguna. Pastikan nama pengguna kamu sudah benar dan tidak terdapat kesalahan penulisan.
- Apakah saya bisa mendapatkan sertifikat tanpa menyelesaikan kelas?
Tidak. Kamu harus menyelesaikan kursus 100%, menyelesaikan quiz untuk mendapatkan sertifikat.
- Bagaimana jika sertifikat tidak muncul saat kelas sudah selesai?
Jika sertifikat tidak muncul saat kelas sudah selesai, klik Hubungi Kami pada bagian bawah laman utama website dan kirimkan pesan kepada kami. Sesuaikan nama, email, dan nomor telepon dengan data yang kamu gunakan dalam mendaftar akun Kognisi.id. Kami akan berusaha untuk menjawabmu secepat mungkin, mohon ditunggu, ya!
Program Kartu Prakerja
- Apa itu Program Kartu Prakerja?
Program Kartu Prakerja adalah program pemerintah dalam rangka pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan. - Apakah Program Kartu Prakerja berbayar?
Kursus pelatihan yang diselenggarakan oleh mitra resmi Program Kartu Prakerja dapat diakses secara GRATIS dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. - Bagaimana jika ingin mengikuti pelatihan namun tidak memiliki akun Kartu Prakerja?
Kursus pelatihan untuk Kartu Prakerja juga dapat diakses melalui platform Kognisi.id, halaman ini akan SEGERA HADIR. - Apakah Kognisi.id dari Kompas Gramedia menyelenggarakan kursus pelatihan untuk Program Kartu Prakerja?
Kognisi.id dari Kompas Gramedia merupakan mitra penyelenggara pelatihan di platform Karier.mu untuk Program Kartu Prakerja. - Bagaimana cara mengikuti kelas Kartu Prakerja yang diselenggarakan Kognisi.id - Kompas Gramedia?
Cara membeli kursus pelatihan dengan Kartu Prakerja melalui situs https://prakerja.karier.mu/ atau melalui Aplikasi Karier.mu yang dapat diunduh melalui PlayStore:
-
Akses platform Karier.mu
-
Masuk dengan akun yang terdaftar, jika belum memiliki akun, pilih “Daftar”
-
Cari pelatihan yang diinginkan melalui search bar berdasarkan kata kunci “Kompas.com” atau lihat pada link berikut untuk daftar kursus pelatihan yang diselenggarakan Kognisi.id - Kompas Gramedia
-
Pilih topik yang sesuai kemudian klik untuk melihat detail kursus
-
Pada halaman deskripsi kursus pelatihan, klik “Ikuti Program”
-
Jika sudah memilih program atau pelatihan yang ingin diikuti, kamu dapat menggunakan Kartu Prakerja untuk membelinya dengan mengikuti langkah-langkah berikut, klik “Ikut dengan Kartu Prakerja”
-
User akan diarahkan ke halaman Konfirmasi Pembayaran. Pada halaman tersebut, silakan user input Nomor Kartu Prakerja dan klik Lanjut Pembayaran
-
Silakan menunggu kode OTP yang akan dikirimkan ke Nomor HP yang terdaftar di Kartu Prakerja Kamu. Jika sudah menerima kode OTP, silakan masukan kode tersebut pada halaman Konfirmasi Kartu Prakerja
*Note: Pastikan Nomor HP yang terdaftar di Kartu Prakerja Kamu aktif -
Pembelian selesai, klik “Mulai Belajar” Selamat menyelesaikan pelatihanmu!
-
Perhatikan beberapa hal berikut:
-
-
- Pastikan Saldo Kartu Prakerja Kamu mencukupi untuk melakukan pembelian program – saldo yang belum mencukupi akan menyebabkan proses pembayaran gagal.
- Jika ada, pastikan status pelatihan sebelumnya yang dibeli sudah “Selesai”. Status dapat dilihat pada dashboard Prakerja. Kamu diwajibkan untuk menyelesaikan pelatihan sebelumnya jika ingin membeli program lain.
- Jika Kamu salah memasukan kode OTP lebih dari 3 (tiga) kali, maka Kamu harus menunggu dan mencoba kembali setelah 1 (satu) jam untuk kirim ulang kode OTP yang benar.
-